Wednesday, July 29, 2015

Dunia Sebelum Nabi Saw Diutus

Peta Dunia Klasik
Peta Dunia Klasik
Peta Dunia Arab
Awan kegelapan menyelimuti pelosok dunia sebelum nabi Muhammad saw diutus. Dunia Arab dipenuhi dengan perilaku jahiliyah : penyembahan berhala, perang antarkabilah, penindasan kepada wanita, dan sebagainya. Kondisi peradaban dunia di luar Arab lebih parah lagi. Peradaban Romawi dan Persia yang menjadi negara adidaya saat itu, lebih rusak dan brutal. Berbagai agama dan liran kepercayaan yang ada : Yahudi, Nasrani, Hindu dan Kongucu, tidak mampu menyinari dunia karena ajaran mereka banyak diselewengkan.


DUNIA ARAB
Peta Dunia Arab
Kawasan Arab terkenal dengan nama Jazirah arab. Jazirah arab dalam bahasa Indonesia artinya semenanjung. Jazirah arab berarti "semenanjung Arab", sedangkan Arab artinya padang pasir, tanah gundul nan gersang yang tidak memiliki air dan tumbuh - tumbuhan. Nama Jazirah arab diberikan sejak dulu kala, karena daerah ini memang seakan - akan sebuah pulau yang gersang dan tandus.
Peta Arab
Peta Arab
Secara geografis, Jazirah atau Semenanjung Arab sangat stategis. Bagian baratnya dibatasi Laut Merah dan sebagian Jazirah sina, bagian timur dibatasi Teluk Arab dan sebagian besar Irak Utara. Di bagian selatan berbatasan langsung dengan Laut Arab hingga Laut India, sedangkan di utara dibatasi negeri Syam dan sebagian kecil Iraq.

Bagian selatan dan utara Arab menjadi tempat berlabuhnya dan bertemunya berbagai bangsa untuk berhubungan dagang, peradaban, agama, dan budaya. Kondisi ini terjadi karena letak Arab yang berada di tengah - tengah peta peradaban dunia. sebelah barat laut merupakan pintu masuk ke Afrika, sebelah timur menjadi titik  masuk bagi bangsa - bangsa non Arab, Timur Tengah dan Timur Dekat, India dan cina.

Luas semenanjung Arab sekitar 3.004.000 km persegi (1.160.000 mil persegi). wilayah ini sangat tandus: tak ada sungai yang mengalir dan tak ada musim hujan, yang ada hanya bentangan padang pasir yang luas. Intensitas hujan di beberapa wilayahnya sangat jarang. Sementara itu, di beberapa wilayah pedalaman, suhu panas dapat mencapai 50 derajat, terutama saat musim panas tiba. Secara kasat mata, wilayah ini tidak memiliki potensi ekonomi yang menjanjikan, sehingga tidak ada bangsa mana pun yang tertarik untuk menguasainya.

Daerah Yaman yang Subur
daerah Yaman yang subur
Hanya daerah Yaman bagian selatan yang bertanah sangat subur dengan curah hujan yang cukup banyak. Kemakmuran wilayah ini bertambah dengan baiknya kondisi irigasi, sehingga hasil pertanian berlimpah. Bendungan Ma'rib merupakan salah satu bukti baiknya kondisi irigasi di Yaman. ini adalah bendungan utama yang menjadi tumpuan pengairan untuk perkebunan dan persawahan di Yaman. Selain Yaman, wilayah Arab secara umum terdiri atas pegunungan, bukit, lembah - lembah tandus, dan tanah yang gersang. sangat sulit bila orang bertempat tinggal menetap di daerah - daerah itu, sehingga orang Arab kuno cenderung idup berpindah - pindah. Mereka mencari mata air untuk memenuhi kebutuhan minum dan menggembalakan ternak. bila mata air itu mulai mengering, mereka bergegas pergi mencari sumber air baru.

Reruntuhan Bangunan Ma'rib
Bangunan yang Merupakan Reruntuhan Bendungan Ma'rib saat ini


Pembagian Wilayah Arab
Jazirah Arab terbagi atas dua bagian : bagian tepi dan bagian tengah. Bagian tengah terdiri atas pegunungan yang curah hunjannya sangat sedikit; penduduknya pun secara otomatis sedikit, yaitu kaum pengembara. Bagian tengah terbagi menjadi dua bagian : bagian utara, disebut "Najed" dan bagian selatan disebut "Al ahqaf".

Sedangkan di bagian tepi, serupa dengan sebuah pita kecil yang melingkari Jazirah arab, hanya di pertemuan antara Laut Merah dan Laut Hindia, pita itu agak lebar. Pada Jazirah Arab ini boleh dikatakan hujan cukup teratur, karena itu penduduknya tiada yang mengembara, melainkan menetap di tempatnya.

ada lima daerah di Jazirah arab :
  1. Hijaz, kotanya adalah Makkah, Madinah, dan Tha'if.
  2. Yaman, terletak di bagian sselatan; di antaranya adalah shan'a yang merupakan ibukota Yaman zaman dahulu.
  3. Najed, terletak di bagian tengah Jazirah Arab.
  4. Tihamah, terletak antara Hijaz dan Yaman.
  5. Yamamah, terletak antara Yaman dan Najed.

Hijaz
Hijaz menjadi wilayah yang sangat penting, di Jazirah Arab khususnya dan dunia Islam umumnya, karena memiliki dua kota suci : Makkah al Mukarramah dan Madinah Al Munawwarah. Hijaz berasal dari kata al Hijjz yang artinya sebutan untuk penghalang atau pembatas sebuah benda.

Pegunungan di Sebelah Barat Duba
Pegunungan di sebelah barat Duba yang tinggi dan curam
Hijaz berada di sebelah barat laut saudi Arabia; kota utamanya adalah Jeddah. Sebagai sebuah wilayah Hijaz karena menjadi lokasi bagi tempat - tempat suci agama Islam mempunyai kepentingan dalam lanskap sejarah dan politik Arab dan Islam.

Selain Makkah, Madinah dan Jeddah, Hijjaz juga memiliki beberapa kota lain : Tha'if, Yanbu', Al Bahr, Al Bahah, Tabuk, Badr, Hunain dan Rabigh.

Peta Lokasi Hijaz
Letak Hijaz